Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Dion Nasution

0 Comment

Jurnal Nasional

Bagi kamu yang masih bingung mengenai Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta, Maka kamu telah datang ke artikel yang tepat, Kamu akan temukan semua jawabannya di artikel ini

Cara mencari judul jurnal di Sinta ternyata sangat mudah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, kita bisa mendapatkannya. Penasaran? Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai!

Meskipun menerbitkan artikel ilmiah merupakan bagian dari tugas lulusan perguruan tinggi, masih sedikit orang yang tahu cara mencari jurnal yang terindeks di Sinta.

Salah satu persyaratan kelulusan dari tingkat Sarjana hingga Doktor adalah publikasi di jurnal ilmiah yang terakreditasi.

Khusus untuk program Doktor, jurnal internasional terkemuka seperti Scopus sering menjadi pilihan.

Sedangkan untuk program Magister, biasanya mengacu pada jurnal ilmiah nasional yang diakreditasi oleh Sinta.

Untuk tingkat Sarjana yang paling sederhana, umumnya menggunakan jurnal nasional yang berlisensi dan biasanya hanya terindeks oleh Copernicus.

Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui cara sistematis dan mudah untuk mencari judul jurnal di Sinta. Tujuannya adalah untuk membantu peneliti dan akademisi dalam menemukan jurnal-jurnal ilmiah terkemuka di Indonesia.

1. Membuka situs Sinta

Pertama, buka situs Sinta di https://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah itu, mulai cari judul jurnal yang kamu inginkan.

2. Memilih Kategori Jurnal

Sinta mengelompokkan jurnal ke dalam beberapa kategori ilmu, seperti teknologi, kedokteran, ilmu sosial, dan lain-lain. Pengguna perlu memilih kategori jurnal yang sesuai dengan bidang ilmu penelitian yang mereka minati.

3. Menggunakan Pencarian Lanjutan

Jika pengguna sudah punya kata kunci yang ingin dicari, mereka bisa menggunakan fitur pencarian lanjutan di Sinta.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memasukkan kata kunci tertentu dan mencari jurnal yang relevan dengan topik tersebut.

4. Menentukan Kriteria Pencarian

Pilihlah klaster S1 untuk menemukan jurnal ilmiah yang memiliki akreditasi yang sangat baik. Setelah memasukkan kata kunci tertentu, pengguna dapat menyesuaikan kriteria pencarian sesuai dengan kebutuhan mereka.

Beberapa kriteria pencarian yang tersedia di Sinta meliputi pencarian berdasarkan tahun publikasi, nama penulis, dan judul jurnal.

5. Melihat Hasil Pencarian

Setelah mengatur kriteria pencarian, Sinta akan menampilkan daftar jurnal yang relevan dengan kata kunci atau topik yang dimasukkan.

Pengguna bisa melihat hasil pencarian tersebut dan memilih judul jurnal yang paling cocok dengan kebutuhan mereka.

6. Melihat Informasi Detail Jurnal

Setelah menemukan judul jurnal yang diinginkan, pengguna bisa melihat informasi lengkap tentang jurnal tersebut di Sinta. Informasi ini mencakup judul jurnal, nama penulis, abstrak, tahun publikasi, dan lain-lain.

Cara Download Jurnal di Sinta

Cara Download Jurnal di Sinta

Berikut Langkah-langkah cara download jurnal di sinta:

1. Buka website Sinta

Pertama-tama kalian buka  https://sinta.kemdikbud.go.id

2. Memilih Kualitas Jurnal

Di sini, kamu bisa pilih jenis jurnal yang berbeda-beda, mulai dari yang sinta 1 sampai sinta 6. Terus, kamu juga bisa tentuin kata kunci yang kamu mau, lalu cari judul jurnal yang kamu butuhin pakai kotak pencarian.

3. Memilih Judul Jurnal

Setelah kamu tulis jurnal yang kamu mau, langkah berikutnya tinggal klik tombol cari. Nanti bakal keluar beberapa saran jurnal buat kamu.

Terus, setelah itu, kamu bisa klik logo di bawah judul, Logo itu menunjukkan dari mana jurnal itu diindeks, bisa dari Arjuna, PDDIKTI, Risbang, Garuda, atau Scopus (yang jurnal internasional).

5. Masuk pada Tautan

Setelah itu, kamu bisa pilih judul jurnal yang kamu mau dan juga bisa baca abstraknya.

Nah, setelah kamu klik, kamu akan langsung dibawa ke website perguruan tinggi atau universitas yang punya jurnal itu. Di sana, kamu bisa lihat teks lengkap dari jurnal yang kamu pilih.

6. Unduh Jurnal

Sehabis itu akan muncul artikel jurnal yang kamu inginkan dan kamu bisa download dalam bentuk PDF.

Format Penulisan Jurnal Sinta

Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Format Penulisan Jurnal Sinta

Ada juga Format Penulisan Jurnal Sinta nya sebagai berikut :

1. Judul Artikel

Pertama-tama dalam menulis Jurnal Sinta, langkah awalnya adalah menulis judul artikel.

Pastikan judulnya menarik perhatian dan menggambarkan dengan jelas isi atau temuanmu. Hindari menggunakan singkatan atau nama peraturan, serta jangan lupa untuk menyebutkan subjek penelitian atau tempat penelitiannya.

2. Abstrak

Langkah kedua dalam menulis Jurnal Sinta adalah membuat Abstrak.

Abstrak merupakan bagian paling penting dari jurnal karena berfungsi sebagai inti dari penelitianmu. Para reviewer biasanya akan membaca abstrak terlebih dahulu sebelum membaca artikel secara keseluruhan.

3. Keyword

Selain abstrak, ada juga beberapa kata kunci yang perlu diperhatikan dengan cermat. Kata kunci ini sangat penting karena mereka memberikan gambaran tentang topik yang dibahas dalam jurnal tersebut.

4. Pendahuluan

Yakni bagian pertama dari jurnal. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana jurnal tersebut akan dibahas.

5. Metode Penelitian

Langkah berikutnya dalam menulis Jurnal Sinta adalah menjelaskan metode penelitian. Pastikan metode yang kamu gunakan sudah benar dan sesuai dengan penelitian yang kamu lakukan.

6. Hasil Dan Pembahasan

Ketika menulis jurnal, bagian hasil dan diskusi memiliki peran penting dalam memahami tujuan penelitian. Bagian ini juga sangat penting untuk memahami hasil dari penelitian tersebut.

7. Diskusi

Langkah ketujuh dalam menulis Jurnal Sinta adalah bagian Diskusi.

Diskusi pada bagian ini penting untuk memudahkan pembaca memahami jurnal. Oleh karena itu, bagian ini membutuhkan penjelasan yang jelas dan terperinci.

8. Simpulan

Tentunya, dalam jurnal juga terdapat bagian kesimpulan. Saat menulis Jurnal Sinta, bagian kesimpulan ini harus dibuat dengan teliti agar pembaca dapat dengan mudah memahaminya.

9. Ucapan Terima Kasih

Selain kesimpulan, jangan lupakan juga untuk menyertakan ucapan terima kasih dalam Penulisan Jurnal Sinta. Ucapan terima kasih ini biasanya ditujukan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan jurnal.

10. Referensi

Langkah terakhir dalam Penulisan Jurnal Sinta adalah mengikuti Format Penulisan Jurnal Sinta.

Bagian referensi juga tak kalah pentingnya. Ini membantu membuat jurnal yang kamu tulis lebih kredibel. Jadi, pastikan kamu mencantumkan referensi yang digunakan dalam menulis jurnal.

Kesimpulan

Mungkin sampai sini saja pembahasan kami mengenai cara mencari judul jurnal di sinta, mungkin dengan adanya artikel bisa membantu kamu, terimakasih.

Tags:

Post Comments:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *