Cara Membuat Akun Sinta

Suhendi Al Wasim

0 Comment

Info Publikasi

Halo Sobat publikasi, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat akun Sinta yang baik dan benar.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari Sinta. Untuk mempersingkat waktu, simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Sinta

cara membuat akun Sinta

SINTA atau yang dikenal juga sebagai jurnal Sinta merupakan singkatan dari Science and Technology Index.

Sinta merupakan sebuah portal ilmiah daring yang dioperasikan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selain itu, Kemendikbud Ristek juga telah menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Tak hanya itu saja, SINTA juga memiliki fungsi sebagai database atau pusat data untuk jurnal-jurnal nasional terakreditasi.

Sehingga, Sinta menjadi tujuan utama bagi mahasiswa ataupun mereka yang sedang mencari referensi dalam bentuk jurnal nasional dengan kualitas yang diakui oleh Kemendikbud Ristek.

Jurnal-jurnal dalam Sinta dapat menjadi acuan dan dianggap layak sebagai referensi, sering dikutip, dan sebagainya.

Dengan adanya fitur ini, Sinta dapat digunakan untuk menunjukkan kekuatan publikasi ilmiah dari lembaga pendidikan atau perguruan tinggi tertentu.

Sinta juga telah terhubung langsung dengan Scopus dan Google Scholar, sehingga memberikan informasi tentang reputasi internasional suatu jurnal.

Perlu kamu ketahui juga bahwa terdapat beberapa aturan atau format penulisan jurnal Sinta yang perlu kamu perhatikan dalam menulis karya ilmiah.

Cara membuat Akun Sinta

Pada bagian ini kami akan memaparkan tata cara membuat akun Sinta dengan lengkap dan tentunya akan sangat mudah untuk dipahami.

Sebenarnya dalam pembuata akun sinta tidak memerlukan persiapan khusus yang harus dipersiapkan, akan tetapi kamu memerlukan akun Google Scholar dan email (email yang sama pada akun Google Scholar).

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan NIDN/NIDK bagi para dosen PT. dan sirankan juga untuk menyiapkan NIK.

Di  bawah ini terdapat beberapa cara membuat akun Sinta. Untukl lebih jelasnya , simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama kalian bisa membuka browser kalian dan masukan URL https://sinta.kemdikbud.go.id/authors atau melalui menu registrasi di halaman https://sinta.kemdikbud.go.id/
  • Lalu pilih status penulis (Dosen atau Peneliti) dan Jika kamu seorang instruktur, pilih Instruktur dan masukkan NIDN/NIDK di kolom kanan
  • Saat memasukkan NIDN/NIDK kalian bisa pilih data yang muncul di auto-completion
  • Di afliasi, kalian bisa pilih dari data yang muncul di Afiliasi Pelengkapan Otomatis
  • Lalu pada bagian ademic Grade (Functional Position), pilih data yang muncul pada autocomplete
  • Masukkan juga nomor KTP di kolom Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP saja) dan email di kolom Email, lalu buatlah kata sandi yang mudah diingat oleh kamu dan sukit diketahui oleh orang-orang.
  • Langkah selanjutnya sangat penting karena pada tahap ini Anda akan menautkan akun Google Scholar Anda ke akun SINTA yang Anda buat. Pada kolom URL Google Cendekia, Anda cukup copy paste URL Profil Google Cendekia (buka https://scholar.google.co.id/ dan klik Profil Saya, salin URL postingan yang ingin Anda masukkan ke Google Cendekia URL). Jika ID valid, avatar Google Cendekia akan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Jika ID Google Cendekia tidak valid, pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.
  • Bagi kamu yang mempunyai akun scopus, kamu bisa ikuti langkah pada poin 7 menggunakan URL Scopus kamu
  • Lalu klik daftar untuk mengolah data
  • Jika sudah berhasil terdaftar, penulis akan menerima pemberitahuan pendaftaran berhasil seperti gambar di bawah ini
  • Setelah registrasi berhasil, penulis akan menerima email dengan link untuk mengaktifkan akun SINTA, dan sedikit pemberitahuan, kamu harus mengaktifkan dalam waktu 24 jam setelah pendaftaran, dan ika kamu tidak segera mengaktifkan, link aktivasi akan kedaluwarsa dan Anda harus mendaftar lagi.
  • Jika belum diberi link aktivasi akun SINTA, pendaftar bisa meminta agar link aktivasi dikirim ulang dengan mengklik link kirim ulang aktivasi di kanan bawah aplikasi https://sinta.ristekbrin. go.id/author/
  • Setelah proses aktivasi selesai, pendaftar akan menerima email pemberitahuan bahwa akun telah diaktifkan.
  • Setelah menara baru mengaktifkan akun milikmu, kamu dapat masuk menggunakan email dan kata sandi yang kamu buat saat pendaftaran.
  • Pada tahap selanjutnya, tim verifikasi SINTA akan memverifikasi data kamu. Dan Setelah akun dinyatakan valid oleh tim verifikasi RISTEKDIKTI, data dokumen akan disinkronkan dengan Google Scholar ID dan Scopus ID Anda.

Manfaat Publikasi Jurnal Sinta

cara membuat akun Sinta

Di bawah ini telah kami rangkum mengenai keuntungan publikasi jurnal Sinta. Lantas, apa sajakah keuntungannya? Untuk itu, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Reputasi Akademik

Keuntungan utama dari publikasi jurnal adalah dapat meningkatkan reputasi akademik seseorang.

Selain itu, dengan mempublikasikan jurnal di jurnal-jurnal terkemuka akan membuat nama penulis terkenal di kalangan komunitas ilmiah.

Sehingga, penulis akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari rekan-rekan mereka dan menjadi anggota yang aktif dalam komunitas ilmiah.

Tak hanya itu saja, publikasi jurnal juga dapat meningkatkan kesempatan untuk memperoleh penghargaan dan hibah penelitian.

2. Meningkatkan Prospek Karir

Keuntungan dari publikasi jurnal berikutnya adalah dapat meningkatkan prospek karir seseorang di bidang akademik.

Jika peneliti memiliki publikasi di jurnal terkemuka, maka peneliti akan memiliki kandidat yang menarik bagi universitas dan institusi riset lainnya.

Tak hanya itu saja, publikasi jurnal juga dapat membantu dalam mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi atau posisi pengajar di universitas yang lebih baik.

3. Menyebarkan Pengetahuan Ilmiah

Publikasi jurnal dapat memungkinkan penulis untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian mereka kepada komunitas ilmiah.

Hal ini akan memungkinkan para peneliti lain untuk mengambil manfaat dari penelitian dan menerapkannya dalam penelitian mereka sendiri.

Sehingga, publikasi jurnal akan membantu dalam memajukan pengetahuan ilmiah secara umum.

4. Meningkatkan Citasi dan Pengakuan

Dengan mempublikasikan jurnal ilmiah dapat membantu penulis mendapatkan pengakuan dan citasi yang lebih tinggi.

Publikasi di jurnal terkemuka akan menjadi referensi penting bagi peneliti lain dan akan dikutip dalam penelitian mereka.

Sehingga dapat membantu dalam meningkatkan visibilitas penulis dan reputasi mereka di kalangan komunitas ilmiah.

5. Meningkatkan Nilai Institusi Akademik

Keuntungan publikasi jurnal ilmiah berikutnya adalah mendapat keuntungan dari publikasi jurnal.

Bagi peneliti yang mempublikasikan penelitian mereka di jurnal terkemuka akan meningkatkan reputasi institusi mereka.

Dengan ini akan meningkatkan daya tarik institusi untuk menarik peneliti dan mahasiswa berkualitas tinggi.

Tak hanya itu saja, institusi akademik juga dapat memanfaatkan publikasi jurnal untuk meningkatkan peringkat mereka dalam peringkat universitas dunia.

Kesimpulan

Mungki itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat akun Sinta. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi kita semua.

Post Comments:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *