Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin

Arulfalah Nurwahid

0 Comment

Turnitin

Hallo Sobat Publikasi! Dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah, sudah tak asing lagi dengan kata plagiasi, Nah, lantas bagaimana cara mengurangi Plagiarisme di Turnitin dengan mudah?

Saat menulis Karya Ilmiah, tentunya kita memiliki standar tersendiri untuk memenuhi syarat agar terindeks. Salah satu nya adalah tidak adanya plagiasi. Maka, kita harus menulis Karya Ilmiah berdasarkakn sumber yang kredibel, kalau tidak Karya kita akan di sebut sebagai plagiat.

Jika Karya Ilmiah kita melebihi standar presentase, maka kita harus memperbaiki Karya Ilmiah kita hingga memenuhi standar.

Untuk mengatasi hal tersebut kami mempunyai cara untuk mengurangi plagiarisme di Turnitin yang mudah dan bisa kamu coba sendiri. Yuks simak sampai habis.

Baca Juga : Ingin Tahu Bagaimana Cara Filter Turnitin? Berikut Cara Mudah Nya

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin Di Jamin 1000% Work

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana cara mengurangi plagiarisme di turnitin, silahkan simak beberapa poin di bawah ini!

1. Gunakan Teknik Parafrase

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin yang pertama adalah Parafrasa atau parafrase yang merupakan teknik menulis yang mengubah kalimat yang di tulis orang lain menjadi kalimat yang sesuai dengan gaya penulisan kita.

Namun, meskipun kita mengubahnya dengan gaya tulisan kita, pada akhir dari kalimat yang sudah di parafrasa, kamu tetap harus menyertakan sumbernya.

Teknik parafrase ini sering di gunakan dan bahkan di rekomendasikan untuk para Penulisan Ilmiah. Seperti yang di sampaikan sebelumnya, teknik ini adalah salah satu yang mengubah tulisan menjadi gaya menulis kita.

Baca Juga : Masih Work! Ini 6 Akun Turnitin Gratis 2022

2. Gunakan Sumber Kredibel

Tak dapat di pungkiri, mencantumkan sumber dalam tulisan kamu sangat penting untuk mengurangi plagiarisme di turnitin. Namun jangan sampai sumber yang kamu cantumkan justru sumber yang telah melakukan plagiarisme.

Sumber yang kredibel sendiri merupakan sumber yang memiliki keterangan waktu kapan sumber tersebut di publish.

Biasanya sumber yang kredibel juga akan mencantumkan referensi buku atau website sebagai rujukan jika seseorang ingin melihat sumber yang asli.

Sumber yang kredibel juga umumnya memiliki domain website yang bisa di percaya. Domain seperti blogspot, atau wordpress biasanya di anggap memiliki kredibilitas yang lemah. Domain yang di anggap memiliki kredibilitas yang tinggi biasanya menggunakan .edu, .gov, .org

3. Percaya Diri Saat Menulis

Cara mengurangi plagiarisme di Turnitin selanjutnya adalah percaya diri, Apakah Anda tipe orang yang sering meragukan diri sendiri saat menulis? Hati-hati, kebiasaan tersebut bisa tanpa sengaja membuat kamu bergantung pada pendapat dan kutipan dari sumber lain. Tanpa di sadari, kurangnya rasa percaya diri saat menulis justru dapat menyebabkan plagiarisme.

Memang, tidak ada salahnya untuk percaya akan kreativitas dan kemampuan menulis sendiri. Semua orang bisa melakukannya.

Bagaimana pun hasil karya tulisan kamu, setidaknya hasil tersebut murni dari pikiran kamu dan bukannya hanya copy paste dari orang lain.

Yakinilah bahwa dengan latihan yang cukup dan tekad yang baik, hasil tulisan Anda pasti bisa jadi baik tanpa unsur plagiarisme.

4. Lakukan Intepretasi dan Masukkan Opini Sendiri

Cara untuk mengurangi plagiarisme di Turnitin selanjutnya adalah untuk memasukkan opini sendiri ke dalam tulisan.

Hindari hal yang berbaru mengutip pendapat dan intepretasi penulis lain dalam karya tulis kamu. Ingatlah bahwa hasil tulisan kamu harus sesuai dengan intepretasi dan opini kamu sendiri.

Tips: Gunakanlah pendapat penulis atau sumber lain sebagai bahan analisis.

Kemudian, olahlah informasi yang kamu dengan menggunakan sudut pandang dan wawasan kamu sendiri.

Nah dengan begitu, hasil karya tulis kamu pun akan menjadi unik dan terhindar dari plagiarisme.

Baca Juga : Hanya 2 Menit! Berikut Cara Membuat Akun Turnitin

Apa Si Turnitin Itu?

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin

Setelah tahu Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin, kamu harus tahu apa itu Turnitin sebenarnya. Menurut laman resmi perpustakaan Monash University Australia di jelaskan bahwa Turnitin adalah perangkat lunak pencocokan teks yang memeriksa karya tulis terhadap teks elektronik dari internet.

Teks elektronik ini berisi artikel jurnal, buku, dan tugas-tugas sebelumnya yang di serahkan oleh pengajar atau universitas ke dalam Turnitin. Turnitin sendiri disediakan oleh perusahaan eksternal yang lantas menjual lisensinya pada universitas-universitas untuk menggunakannya secara internal.

Apa Itu Plagiarisme?

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin – Sejauh ini mungkin kamu semua belum menyadari, sebenarnya plagiarism itu apa sih? Nah, di bawah akan kmai beri penjelasannya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 17 Tahun 2010, definisi atau pengertian dari plagiarisme adalah perbuatan yang secara sengaja maupun tidak disengaja untuk memperoleh kredit dari sebuah Karya Ilmiah. Baik untuk mengutip sebagian maupun keseluruhan dari Karya Ilmiah yang disusun oleh pihak lain.

Ketika mengambil kredit sebagian maupun secara keseluruhan namun tidak mencantumkan kredit, untuk menyebut asal dari kredit tersebut. Maka sudah termasuk ke dalam perbuatan plagiarisme, yang tentunya sangat dilarang dalam dunia kepenulisan.

Pada dasarnya untuk menghindari plagiat adalah dengan melakukan rewrite dari Karya Ilmiah berkualitas dan terpercaya dengan bahasa sendiri.

Namun jika mengutip sama persis maka bisa mencantumkan kredit atau asal dari kutipan yang diambil tersebut.

Ada kalanya meskipun sudah menggunakan bahasa sendiri tanpa mengkopi secara utuh dari Karya Ilmiah lain, plagiarisme masih bisa terdeteksi.

Hal ini dapat terjadi karena bisa tanpa sengaja struktur kalimat yang ditulis sama persis dengan Karya Ilmiah lain yang sudah dipublikasikan.

Sehingga baik bagi Penulis, Editor, dan sebagainya yang terlibat di dalam penyusunan Karya Ilmiah. Harus memahami bagaimana cara mengecek plagiarisme, sehingga bisa memastikan Karya Ilmiah yang dibuat memang bersih dari unsur plagiat tersebut.

Apalagi tindakan plagiat masuk ke dalam tindak kejahatan, sebab termasuk ke dalam tindakan pemalsuan dan juga penipuan.

Yakni terhadap hak cipta, etika, dan juga moral. Maka penting sekali untuk menghindarinya, dengan melakukan pengecekan sebagai evaluasi tahap akhir.

Kekurangan Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin Gratis (Free)

Kekurangan Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin Gratis

Cara Mengurangi Plagiarisme Di Turnitin – Jika Anda ingin menggunakan Turnitin versi gratis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa kekurangan dan bahaya menggunakan Turnitin versi gratis.

Berikut kekurangan pada Cara Mengecek Plagiasi Di Turnitin secara gratis :

  • Hanya dapat memproses maksimal 1 file
  • Upload terbatas, hanya 1 file per hari dan cek 1 x 24 jam
  • Jumlah akun terbatas, hingga 100 pengguna
  • Tidak dapat mengubah avatar dan nama
  • Harus menggunakan koneksi internet yang sangat stabil
  • Bot Turnitin tidak dapat membedakan secara akurat antara kutipan yang benar dan teks yang diproses secara khusus lainnya
  • Situs Turnitin sering ditutup, jadi jika Anda menyegarkan, Anda harus memulai dari awal

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Penawaran Jasa Cek Turnitin, Yuk Konsultasi Dengan Tim Turnitin Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Jasa Cek Plagiasi Turnitin Premium Murah (2 Menit)\

Pelopor Publikasi adalah lembaga berbadan hukum yang satu-satunya menawarkan jasa cek turnitin dengan biaya yang terjangkau dan tanpa batasan halaman.

Kami memiliki tim yang sangat profesional dan dapat melayanimu kapan saja (24 jam penuh)

Kami juga akan menawarkan jaminan keamanan penuh mengenai semua kerahasiaan dokumen penting milik rekan-rekan semua.

Sudah lebih dari 1.274 client yang puas dengan jasa cek plagiasi turnitin dari kami ini.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Penawaran Jasa Cek Turnitin, Yuk Konsultasi Dengan Tim Turnitin Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Penawaran Eksklusif Jasa Menurunkan Plagiasi Turnitin Premium Harga Terjangkau (100% Lolos)

Pusing karena plagiasi tinggi? Susah menurunkannya? Jangan risau, kami hadir menjadi solusi terbaik untukmu!

Jasa menurunkan plagiasi turnitin yang kami kelola ini adalah jasa untuk menata kembali tata bahasa dengan menggunakan teknik parafrase manual. Tentu saja, tetap memperhatikan kaidah penulisan jurnal ilmiah.

Kami memiliki tim yang profesional dan sudah ahli dalam dunia turnitin. Oleh karena itulah, kami bsia mengerjakannya dalam hitungan Jam bahkan Menit saja.

Kami selalu menjaga privasi setiap client. Kamu tidak perlu takut akan data-datamu yang bocor. Tenang, kami sudah berbadan hukum.

Selain itu, kami juga memberikanmu garansi lolos turnitin dan tetap memperhatikan kualitas dari isi jurnal.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Jasa Menurunkan Plagiasi Turnitin Dari Kami, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Turnitin Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Agar Turnitin Rendah

Cara Agar Turnitin Rendah

1. Pemahaman tentang Sumber Informasi dan Kutipan

Penting untuk memahami sepenuhnya sumber informasi dan prinsip-prinsip kutipan yang benar. Pastikan selalu memberikan kredit yang tepat kepada penulis asli melalui kutipan yang tepat dan referensi yang jelas.

2. Rencana Penelitian yang Komprehensif

Membangun rencana penelitian yang komprehensif membantu mengurangi risiko terjadinya kesamaan tak disengaja. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur alur penelitian dan menghindari kemiripan tidak disengaja dengan tulisan lain.

3. Penggunaan Alat Anti-Plagiarisme

Selain Turnitin, gunakan berbagai alat anti-plagiarisme yang tersedia secara online untuk memeriksa kesamaan potensial dalam naskah Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan mengoreksi masalah sebelum mengirimkan tugas atau artikel.

4. Mengembangkan Gagasan Asli

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kesamaan adalah dengan mengembangkan gagasan asli dan pandangan pribadi. Pemikiran kreatif dan analisis mendalam akan menghasilkan konten yang unik dan sulit dicocokkan dengan sumber lain.

5. Menerapkan Teknik Parafrafaan yang Efektif

Jika Anda ingin mengutip atau mengacu pada sumber tertentu, terapkan teknik parafrafaan yang efektif. Tulis ulang gagasan dengan gaya dan bahasa Anda sendiri, tetapi tetap setia pada konsep yang diungkapkan.

6. Periksa Plagiarisme secara Rutin

Sebelum mengirimkan tugas atau artikel, lakukan pemeriksaan plagiarisme secara rutin menggunakan alat yang tersedia. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk mengoreksi dan mengubah bagian yang memiliki tingkat kesamaan yang tinggi.

7. Konsultasi dengan Pembimbing atau Editor

Jika Anda merasa ragu tentang tingkat kesamaan dalam karya Anda, konsultasikan dengan pembimbing atau editor. Umpan balik mereka dapat membantu Anda melakukan perubahan yang diperlukan sebelum mengirimkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara mengurangi plagiarisme di Turnitin. Semoga dapat membantu kalian semua.


FAQ

Aplikasi apa saja untuk mengecek plagiasi selain turnitin?

Checker, Plagiarisme checker x

Apa itu dasar hukum HAKI?

Jawabannya sudah kami sediakan di artikel sebelumnya ya sobat.

Tags:

Post Comments:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *