Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta

Dion Nasution

0 Comment

Jurnal Nasional

Halo sobat publikasi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta.

Sebelum membahas mengenai cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Sinta.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, kamu dapat menyimak artikel ini sampai selesai ya! Langsung saja kita bahas dengan seksama di bawah ini.

Pengertian Sinta

 Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta

Pengertian Sinta

Science and Technologi Index (SINTA) merupakan salah satu platform yang telah digunakan untuk mempublikasikan artikel ilmiah dalam bidang sains dan teknologi.

Pada atikel ilmiah telah mencakup hasil penelitian, ulasan sistematis dan artikel pandangan atau opini.

Jurnal SINTA telah menjadi bagian penting bagi para peneliti atau akademisi dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka.

Hal ini dikarenakan, reputasi Jurnal SINTA sudah sangat dihargai dalam bidang akademik di Indonesia. Selain itu, terdapat tingkatan jurnal Sinta yang di mulai dari Sinta 1 sampai dengan 6.

Keuntungan Publikasi Jurnal

Di bawah ini telah kami rangkum mengenai keuntungan publikasi jurnal Sinta 2. Lantas, apa sajakah keuntungannya? Untuk itu, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Reputasi Akademik

Keuntungan utama dari publikasi jurnal adalah dapat meningkatkan reputasi akademik seseorang.

Selain itu, dengan mempublikasikan jurnal di jurnal-jurnal terkemuka akan membuat nama penulis terkenal di kalangan komunitas ilmiah.

Sehingga, penulis akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari rekan-rekan mereka dan menjadi anggota yang aktif dalam komunitas ilmiah.

Tak hanya itu saja, publikasi jurnal juga dapat meningkatkan kesempatan untuk memperoleh penghargaan dan hibah penelitian.

2. Meningkatkan Prospek Karir

Keuntungan dari publikasi jurnal berikutnya adalah dapat meningkatkan prospek karir seseorang di bidang akademik.

Jika peneliti memiliki publikasi di jurnal terkemuka, maka peneliti akan memiliki kandidat yang menarik bagi universitas dan institusi riset lainnya.

Selain itu, publikasi jurnal juga dapat membantu dalam mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi atau posisi pengajar di universitas yang lebih baik.

3. Menyebarkan Pengetahuan Ilmiah

Publikasi jurnal memungkinkan penulis untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian mereka kepada komunitas ilmiah.

Ini akan memungkinkan para peneliti lain untuk mengambil manfaat dari penelitian dan menerapkannya dalam penelitian mereka sendiri.

Sehingga, publikasi jurnal akan membantu dalam memajukan pengetahuan ilmiah secara umum.

4. Meningkatkan Citasi dan Pengakuan

Dengan mempublikasikan jurnal ilmiah dapat membantu penulis mendapatkan pengakuan dan citasi yang lebih tinggi.

Publikasi di jurnal yang terkemuka akan menjadi referensi penting bagi peneliti lain dan akan dikutip dalam penelitian mereka.

Sehingga dapat membantu dalam meningkatkan visibilitas penulis dan reputasi mereka di kalangan komunitas ilmiah.

5. Meningkatkan Nilai Institusi Akademik

Keuntungan publikasi jurnal ilmiah berikutnya adalah mendapat keuntungan dari publikasi jurnal.

Bagi peneliti yang mempublikasikan penelitian mereka di jurnal terkemuka akan meningkatkan reputasi institusi mereka.

Ini akan meningkatkan daya tarik institusi untuk menarik peneliti dan mahasiswa berkualitas tinggi.

Tak hanya itu saja, institusi akademik juga dapat memanfaatkan publikasi jurnal untuk meningkatkan peringkat mereka dalam peringkat universitas dunia.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Intinya, pada bagian ini kami akan memberikanmu step-by-step untuk Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta dengan mudah dan cepat.

Silahkan simak sampai habis!

Tutorial ini ditujukan untuk para verifikator SINTA, dimana salah satu tugas dari verifikator SINTA adalah melakukan sinkronisasi Google Scholar sehingga metadata karya ilmiah dosen di profil Google Scholar dibawa ke dalam portal SINTA. Sebagai verifikator tentunya harus terlebih dahulu mengecek profil Google Scholar yang akan disinkronkan, hal ini untuk memastikan bahwa publikasi yang ada di profil Google memang merupakan hasil karya dosen yang bersangkutan.

Dalam tutorial ini, saya akan menyinkronkan Google Scholar dari salah satu dosen di tautan berikut: https://scholar.google.co.id/citations?user=W6gnSQEAAAAJ&hI=en

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah jumlah publikasi di profil Google Scholar Anda, Anda dapat melihat total publikasi di bagian bawah. Jumlah total publikasi (artikel) di profil Google Cendekia ini adalah 5. Selanjutnya, periksa publikasi instruktur yang relevan satu per satu, dan Anda dapat menggunakan alat pencarian kata kunci untuk menemukan nama yang relevan. Selain itu, Anda dapat mengklik artikel atau langsung bertanya kepada instruktur dengan profil Google Cendekia.

Selain itu, Anda dapat mengklik artikel atau langsung bertanya kepada instruktur dengan profil Google Cendekia.

Login pada link berikut : https://sinta.ristekbrin.go.id/authorverification/?mod=login

Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta

Temukan dosen terkait menggunakan nama dosen atau NIDN dosen.

Kemudian untuk mengecek apakah link Google Cendekia sudah benar, klik menu Cek di sebelah ID Google Cendekia. Perhatikan juga di sini bahwa bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah disinkronkan.

Melakukan sinkronisasi semudah mengklik menu Minta Sinkronisasi Google.

Pilih Ya, kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, kemudian jumlah artikel di bagian statistik penulis.

Seperti yang bisa dilihat, ada 5 artikel di bagian Google Cendekia, berdasarkan jumlah publikasi di profil Google Cendekia yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kita dapat melihat SINTA instruktur melalui link https://sinta.ristekbrin.go.id/authors dan mencari nama instruktur yang bersangkutan berdasarkan kata kunci.

Lihat bahwa jumlah dokumen di Google adalah 5, yang dapat Anda lihat dengan memilih menu Dokumen GS.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara download jurnal di Scopus. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi kita semua.

Post Comments:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *